Agar Balita Mau Makan Nasi

agar balita mau makan nasiSetelah ASI menjadi kebiasaan balita sejak bayi, memang menjadi agak susah ketika bunda mencoba agar balita mau makan nasi. Hal ini wajar, mengingat ASI sendiri adalah makanan pertama yang dikonsumsi bayi dalam jangka waktu yang panjang. Padahal usia bayi yang telah menginjak 2 tahun seharusnya sudah harus mengkonsumsi karbohidrat, ditambah dengan kegiatan sehari-harinya yang sudah mulai aktif bermain dan bergerak.

Namun bunda yang kesulitan, ada banyak cara yang dapat bunda lakukan agar balita bunda mau makan nasi, tentunya hal itu dapat dilakukan melalui beberapa tahapan – tidak serta merta setelah ASI, maka balita dapat mengkonsumsi nasi.

Bagaimana tahapan Agar Balita Mau Makan Nasi

Lakukan secara bertahap, ketika buah hati bunda sudah hampir menginjak usia hampir 1 tahun, coba bunda berikan secara perlahan-lahan bubur bayi.  Bubur bayi yang merupakan tepung-tepung an akan mengenalkan kepada bayi makanan lain selain ASI. Untuk merangsang bayi bunda, berikan bubur susu, hal ini dilakukan sejak awal agar buah hati bunda bisa belajar untuk mengunyah, menggerak-gerakkan lidah ketika makan.

Setelah itu, bunda jangan terlalu lama membiarkan si bayi dengan bubur dan ASI saja. Semakin bertambah usia, mka semakin besar asupan kalori yang dibutuhkannya. Bunda bisa memulai dengan memberikan konsumsi bubur nasi kepada buah hati bunda. Namun jangan lupa dengan menambahkan sayur, dan sajikan dengan sangat menarik agar bayi mau untuksegera melahapnya.

Ketika usia bayi beranjak semakin besar dan hampir menginjak usia 2 tahun agar balita mau makan nasi, seharusnya bunda sudah dapat memberikan  nasi kepada buah hati bunda. Namun ketika si bayi masih menolak, lakukan beberapa pensiasatan. Bunda dapat menyajikan nasi dalam bentuk lontong atau nasi uduk, bisa juga berbagai macam olahan nasi seperti nasi kuning dan nasi gurih. Yang terpenting dari mengkonsumsi nasi adalah agar  buah hati bunda dapat lebih terampil untuk mengkonsumsi sumber karbohidrat dari makanan padat. Namun jangan lupa untuk terus menyertakan sayur-sayuran pada makanan balita  buah hati bunda.

Nah bunda, itu dia tipsnya, semoga bunda semakin semangat untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati bunda. Sebab bagaimanapun, balita harus dilatih sejak kecil agar terampil untuk mengkonsumsi makanan padat agar segala kebutuhan gizinya terpenuhi, tidak hanya dari segi kalori namun karbohidrat, protei, lemak, vitamin dan mineralnya juga. Itulah tips agar balita mau makan nasi, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Partly powered by CleverPlugins.com
You might also likeclose