Cacar air pada anak anak | TentangBunda.com

Cacar air pada anak anak


0 Comments

Cacar air pada anak anakCacar air dalam bahasa Inggris disebut sebagai ‘chicken pox’ yaitu infeksi yang sangat menular yang ditandai dengan keluarnya bintil berwarna merah pada kulit disertai dengan demam dan keluhan lainnya yang membuat anak merasa tidak nyaman. Survey menunjukkan bahwa 90% cacar air dialami oleh anak yang berusia dibawah sepuluh tahun, kejadian paling besar dialami oleh anak pada usia 5-9 tahun.

Penyebab dari cacar air adalah virus varicella. Tidak ada pengobatan untuk penyakit jenis ini disebabkan cacar air akan sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi ada satu hal yang perlu diingat adalahsetelah sembuh virus ini bukannya hilang dari tubuh Anda melainkan akan tetapi tinggal dibagian syaraf tertentu dan anak akan bisa terinfeksi lagi dikemudian hari jika kondisi imunitas teubuh mereka sedang lemah.

Cara penularan cacar air pada anak :

Anak yang terkena chicken pox harus menghindari kontak dengan orang lain. Kondisi paling rawan adalah saat hari-hari pertama bintil-bintil muncul. Penularan bisa terjadi karena kontak langsung maupun melalui udara yang dikeluarkan penderita melalui pernafasan (contohnya batuk).

Dibutuhkan waktu yang memang cukup lama jika anak terkena cacar air. Gejala pertama yang muncul adalah demam dan timbulnya ruam, masa inkubasi penyakit ini sendiri adalah 10 hari hingga tiga minggu. Seorang anak akan menularkan cacar satu atau dua hari sebelum ruam muncul hingga bintil-bintilnya kering.

Gejala terkena cacar air

  • Pada awalnya gejala yang nampak dan dirasakan anak adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, demam, atau timbulnya ruam di kulit akan tetapi rasanya gatal.
  • Ruam yang muncul biasanya pada bagian bawah tubuh, kemudian menjalar ke tungkai, lengan, dan wajah. Proses ini berlangsung selama 3-4 hari. Ruam ini akan berubah menjadi benjolan kecil dan berisi cairan bening.
  • Benjolan ini akhirnya pecah dan mengering, secara keseluruhan proses penyembuhan berlangsung selama 7 hari hingga dua minggu.

Cara pengobatan cacar air

Cacar air biasanya tidak diobati, pasalnya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Umumnya dokter akan memberikan obat untuk mengurangi rasa gatal akibat keluarnya bintil cacar. Penggunaan bedak bisa meringankan penderitaan anak dan parasetamol bisa dipakai untuk menurunkan panas anak.

Anak yang masih kecil bisa diberi sarung tangan, agar tidak bisa menggaruk bintil cacar. Bintil cacar yang pecah bisa terinfeksi oleh bakteri dan selanjutnya akan menimbulkan infeksi sekunder. Bintil yang dicungkil pun bisa meninggalkan bekas luka secara permanen. Usahakan penderita bisa mandi dengan menggunakan air hangat, dengan mandi maka kebersihan badan penderita aka terjaga. Hal ini bisa mencegah kuman yang mungkin menempel atau menginfeksi luka akibat pecahnya bintil.

Bagi bayi yang usianya dibawah 28 hari dan orang-orang yang kekebalan tubuhnya rendah kemungkinan dokter akan memberi obat antivirus seperti acyclovir. Obat ini bisa menyingkat sehari atau lebih lamanya penderita penyakit ini.

Cacar air bisa di cegah lewat vaksinasi,  Vaksinasi cacar air bisa diberikan setelah seorang menderita acacr air. Walaupun keefektifannya tidaklah 100% namun demikian vaksinasi bisa melindungi seseorang dari perkembangan penyakit ini. Vaksinasi juga bisa diberikan pada anak yang belum pernah mengalami cacar maupun yang sudah terjangkit. Cara lain adalah dengan pemberian VZIG (Varicella Zooster Immunoglobulin) yaitu zat kekebalan terhadap virus cacar. VZIG biasanya diberikan pada orang yang kekebalan tubuhnya rendah, bayi berusia dibawah 28 hari, atau ibu hamil yang mengalami cacar air.

Umumnya anak yang menderita cacar air tidak akan mengalmi komplikasi. Komplikasi bisa terjadi jika luka akibat cacar terinfeksi oleh bakteri strep atau staph sehingga bisa menimbulkan demam tinggi, luka bernanah, kesulitan bernafas, dan perubaha sikap seperti linglung. Jika hal ini terjadi maka bawahlah segera anak ke rumah sakit.

Artikel terkait dengan Cacar air pada anak anak :

   

Kata kunci ke artikel ini

cacar air pada anak , obat cacar air pada anak , cacar air pada bayi , gejala cacar air pada anak , cacar air pada bayi 10 bulan , penyakit cacar air pada anak
 

No Comment to “Cacar air pada anak anak”

  1. No Comment yet at Cacar air pada anak anak. Be the first to comment...

Leave your comment here:


Valid W3C CSS Valid W3C XHTML 1.0

Copyright © 2009 - TentangBunda.com - is proudly powered by WordPress

Theme mod by: indoworkshop