Cara Memandikan Bayi Yang Benar

cara memandikan bayiCara memandikan bayi harus dicermati dengan baik karena bayi bisa menjadi sangat licin saat basah.  Pengetahuan yang luas pada saat menyambut kehadiran bayi di rumah adalah sangat penting agar semua kegiatan bisa dilakukan dengan benar. Bayi masih sangat lemah dan tergantung pada orang tua. Persiapan menyambut bayi salah satunya adalah cara memandikan bayi yang benar. Anda akan mendapati beberapa langkah untuk tahap yang berbeda. Ketika bayi baru berumur beberapa hari dnegan tali pusat yang masih menempel, berlanjut pada ketika mereka sudah cukup kuat menopang kepala dan selanjutnya tahap-tahap lain perkembangan motorik anak.

Cara memandikan bayi yang masih memiliki tali pusat membutuhkan lebih banyak perhatian dan kewaspadaan.

Sebagian besar orang tua muda tidak melakukannyas endiri, mereka dibantu oleh tenaga ahli baik itu paramedis ataupun para tetua daerah setempat. Tali pusat yang masih menempel sangat berbahaya jika terluka meskipun sangat sedikit tergores saja, selain itu kulit bayi yang baru lahir sangat tipis dan masih dalam masa penyesuaian dengan segala sesuatu yang baru selain air dalam rahim ibunya.

Menginjak usia 15 hari, atau masa setelah putus tali pusar, mereka sudah sedikit lebih tangguh. Sang ibu bayi mungkin telah mempersiapkan diri untuk mulai menerapkan cara memandikan bayi yang telah dia pelajari sebelumnya. Menggunakan bak mandi adalah salah satu cara yang paling direkomendasikan. Ukuran bak mandi diperkirakan tidak terlalu besar maupun kecil, dan memiliki dasar yang tidak licin. Di toko-toko perlengkapan bayi bak mandi ini telah banyak tersedia, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkannya.

Suhu air yang direkomendasikan dalam beberapa buku cara memandikan bayi adalah sekitar 90®C atau dua tingkat lebih hangat dari suhu tubuh kita. Lakukan dengan menggunakan handuk tangan lembut yang telah dibasahi, usapkan dari wajah hingga ke kaki, kemudian tambahkan sabun khusus bayi pada handuk tersebut dan usapkan kembali ke kulit bayi. Setelah itu bilaslah pelan-pelan sambil mengajaknya bercakap-cakap untuk menjalin hubungan batin dengannya.

Mengikuti cara memandikan bayi yang benar akan mencegah bayi Anda tersedak, terkilir dan tentu saja membuatnya nyaman dan bahagia menikmati semua tahapan baru dalam hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Partly powered by CleverPlugins.com
You might also likeclose