Manfaat Inisiasi Menyusui Dini | TentangBunda.com

Manfaat Inisiasi Menyusui Dini


0 Comments

inisiasi menyusui dini

Inisiasi menyusui dini (IMD) merupakan proses bayi menyusui segera setelah dilahirkan. Ketika dilahirkan bayi memiliki naluri untuk mencari sumber kehidupannya, yang dibutuhkan hanyalah sentuhan kulit antara bayi dan ibunya dalan satu jam kelahirannya.

Penelitian membuktikan inisiasi menyusui dini pada satu jam kelahirannya meningkatkan keselamatan bayi dan mendorong keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Begitu lahir bayi cukup dilap dengan bersih dan tampa dibedong langsung diletakkan di perut atau dada ibunya, biarkan tengkurap agar terjadi sentuhan antara kulit ibu dan bayi, dan reflek merangkak dan menyusui terjadi 20-50 menit kemudian.

Banyak orang tua yang merasa kasihan ketika melakukan inisiasi menyusui dini, karena tanpa pakaian apapun harus dibiarkan mencari putting susu ibu. Sentuhan kulit ibu dan bayi akan menjaga suhu bayi dan menghangatinya saat berusaha mencari putting ibu. Ketika berhasil menemukan putting ibu, bayi akan langsung menyusui dan mendapatkan colostrum yang sangat berharga karena mengandung zat-zat penting untuk kekebalan bayi.

Gerakan bayi yang merangkak ketika melakukan inisiasi menyusui dini dapat membantu menekan rahim dan mengeluarkan hormone yang dapat menghentikan pendarahan ibu.

Jangan menyerah jika bayi menangis selama kurang lebih satu jam mencari putting ibu, ajak bicara dan memberi semangat dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan anak.

Inisiasi menyusui dini dan pemberian ASI eksklusif sangat bermanfaat terhadap tumbuh kembang bayi. ASI mengandung zat gizi yang optimal dan mudah diserap untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, sehingga kemungkinan penyakit muntah dan mencret, saluran pernapasan, mencegah kanker, meningitis, dan mengurangi resiko obesitas ketika bayi dewasa.

Manfaat inisiasi menyusui dini pada ibu meningkatkan produksi ASI sehingga dapat mempermudah menjalankan ASI eksklusif. Kegiatan menyusuii dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara, kanker ovarium, dan osteoporosis. Pastikan ibu mendapat nutrisi yang seimbang dan minum banyak air untuk tetap menjaga stamina dan berat badan ibu.

Dengan berhasilnya proses inisiasi menyusui dini maka ibu akan lebih cepat pulih dan lebih banyak beristirahat karena bayi merasa nyaman dengan ibunya.

Artikel terkait dengan Manfaat Inisiasi Menyusui Dini :

 

Anda Seorang Ibu ?

Apakah ini yang anda rasakan ...
1. Ingin membantu suami mencari nafkah untuk keluarga
2. Ingin tetap berpenghasilan tanpa harus kehilangan waktu bersama anak
3. Ingin memiliki tabungan untuk masa depan keluarga yang lebih cerah

Jika itu yang anda rasakan maka anda berhak untuk mendapatkan
PANDUAN GRATIS KHUSUS KAUM IBU
yang akan membimbing anda bagaimana cara mewujudkannya

PANDUAN INI GRATIS
DI BUAT KHUSUS UNTUK KAUM IBU INDONESIA
silahkan Isi formulir dibawah untuk mendapatkannya

(Mohon isi dengan alamat email dan nomor handphone yang valid)

Mengapa anda tertarik informasi ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
┬ęcopyright d'BCN
 

Kata kunci ke artikel ini

INISIASI MENYUSUI DINI , inisiasi menyusu dini , tujuan imd , gambar imd , MAKALAH IMD , manfaat inisiasi menyusui dini
 

No Comment to “Manfaat Inisiasi Menyusui Dini”

  1. No Comment yet at Manfaat Inisiasi Menyusui Dini. Be the first to comment...

Leave your comment here:


Valid W3C CSS Valid W3C XHTML 1.0

Copyright © 2009 - TentangBunda.com - is proudly powered by WordPress

Theme mod by: indoworkshop