Mengatasi sembelit pada anak | TentangBunda.com

Mengatasi sembelit pada anak


0 Comments

sembelit pada anakSembelit pada anak merupakan keadaan dimana anak jarang buang air besar ataupun mengalami kesulitan saat mereka buang air besar. Sembelit pada anak menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita anak-anak usia sekolah, oleh sebab itu banyak ibu yang mengeluhkan tentang hal ini. Meski sebenarnya sembelit bisa menyerang siapa saja termasuk bayi.

Jika para ahli di tanya berapa banyak bayi buang air besar setiap harinya? Jawabannya akan bervariasi. Namun, umumnya bayi buang air besar antara 4-10 kali sehari atau malah sebaliknya hanya sekali dalam 3-7 hari.

Bayi yang mengalami konstipasi ditandai dengan kondisi berak yang tidak biasa seperti biasanya. Bayi yang mengalami sembelit umumnya merasa sakit saat mereka buang air besar, feses yang dikeluarkan keras, dan bisa Anda meraba perut mereka maka akan terasa masa tinja yang mencapai perut.

Sembelit pada bayi umumnya tidak dipengaruhi oleh masalah organik maupun masalah perubahan fisik bayi. Akan tetapi konstipasi bisa disebabkan oleh gabungan beberapa faktor pendukung seperti makanan, lingkungan, perilaku, serta kemampuan usus untuk menyerap air dan pergerakannya.

Beberapa hal yang mempengaruhi sembelit pada anak adalah :

  • Pola perubahan makanan yang diterapkan pada bayi, misalnya saat periode transisi dimana bayi mulai diperkenalkan makanan padat.
  • Bayi kekurangan cairan akan tetai bukan disebabkan oleh karena yang bersangkutan menderita diare.
  • Bayi diberi minum susu formula yang terlalu kental. Ketidakcocokan susu kaleng dengan bayi bisa menjadi penyebab sembelit. Susu formula umumnya mengandung lemak yang lumayan tinggi jika dibandingkan dengan kandungan proteinnya dan ini biasanya menjadi penyebab gangguan pencernaan.
  • Bayi kekurangan makanan berserat dan bahkan kekurangan makan dalam periode yang lama bisa menimbulkan konstipasi.
  • Adanya gangguan pada organ usus besarnya. Gangguan ini bisa berupa adanya luka di bagian dubur sehingga fungsi mulut dubur untuk mengeluarkan kotoran tidak dapat bekerja secara semestinya.

Yang harus di lakukan untuk mengatasi sembelit pada anak :

Sembelit bisa menjadi keadaan yang tidak mengenakkan pada anak. Susahnya buang air besar  disebabkan karena keadaan feses yang keras dan besar seperti tanah bisa menyebabkan anus si buah hati sobek hingga mengeluarkan darah. Jika kasus sembelit ini berlanjut terus maka perut akan terlihat membesar, bisa menimbulkan kehilangan berat badan akibat selera makan hilang juga bisa timbul pada bayi yang mengalami sembelit.

Pengobatan sembelit pada anak

  • Jika bayi Anda mengalami sembelit maka akan sangat berguna jika menambahkan gula yang sulit dicerna misalnya gula jagung pada minuman atau makanan bayinya.
  • Jika bayi sudah berusia lebih dari empat bulan maka Anda bisa memberinya jus buah tanpa penambahan air untuk mencukupi kebutuhan seratnya seperti apel atau pir.
  • Carilah posisi yang enak untuk melancarkan anak buang air besar. Posisi BAB dapat memudahkan feses keluar dari anus, hal ini akan mengurangi rasa sakit saat anak berusaha mengeluarkan kotoran.
  • Untuk anak yang usianya agak besar, Anda bisa memberinya susu yang mengandung magnesium atau polietelinglikol guna membantu memperlancar BAB.
  • Jangan lupa untuk memberinya asupan cairan yang cukup banyak pada buah hati.
  • Pengobatan yang lebih lanjut dengan mengambil kotoran yang terjepit diusus besar, dimana kotoran ini bisa menjadi penghalang saat anak mau BAB.
  • Jangan sesekali memberikan bayi dan anak-anak obat pencahar.
  • Kurangi makanan yang mengandung banyak lemak, seperti keju, susu sapi, dan makanan berkalsium tinggi.

 

Artikel terkait dengan Mengatasi sembelit pada anak :

   

Kata kunci ke artikel ini

bab anak keras , bab keras pada bayi , bab bayi keras , bab keras pada anak , bayi bab keras , sembelit pada anak balita
 

No Comment to “Mengatasi sembelit pada anak”

  1. No Comment yet at Mengatasi sembelit pada anak. Be the first to comment...

Leave your comment here:


Valid W3C CSS Valid W3C XHTML 1.0

Copyright © 2009 - TentangBunda.com - is proudly powered by WordPress

Theme mod by: indoworkshop