perhatikan untuk makanan ibu menyusui | TentangBunda.com

perhatikan untuk makanan ibu menyusui


0 Comments

Makanan ibu menyusui sangat erat kaitannya dengan produksi air susu, yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Bila pemberian ASI berhasil baik, maka berat badan bayi akan meningkat, integritas kulit baik, tonus otot serta kebiasaan makan yang memuaskan. Makanan Ibu menyusui tidaklah terlalu ketat dalam mengatur nutrisinya, yang terpenting adalah makanan yang menjamin pembentukan air susu yang berkualitas dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayinya.

Makanan ibu menyusui yang sangat penting :

  • Buah-buahan dan sayuran (dapat juga dibuat dalam bentuk jus), merupakan makanan yang kaya serat. Umumnya ibu setelah melahirkan akan mengalami konstipasi (susah BAB) yang kadang dapat sisertai nyeri. Makanan berserat dapat mengurangi keluhan ini
  • Makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, kentang sebagai sumber energi
  • Sumber protein seperti daging, dan ayam, telur, sebaiknya mengurangi ikan
  • Makanan tambahan seperti susu, keju, suplement calsium

Makanan ibu menyusui yang sebaiknya di waspadai adalah kacang-kacangan, Kacang merupakan penyebab alergi yang paling sering, mengenai sekitar 1% dari manusia, alergi kacang bisa menyebabkan reaksi yang berat. Bayi anda memiliki resiko tinggi untuk terkena alergi kacang bila anda, suami anda, anak anda yang lain memiliki riwayat alergi makanan atau alergi lain seperti rhinitis alergika, asma, ekzema. Jika bayi anda memlikiki resiko tinggi, kacang harus dihindari dari bayi anda dengan cara anda tidak mengkonsumsi kacang selama menyusui, dan setidaknya anak tidak boleh makan kacang sampai usia 3 tahun.

Makanan Ibu menyusui yang sangat baik di konsumsi sejak masa kehamilan

  1. Asam Folat: Zat ini ada di dalam serealia, kacang-kacangan, sayuran hijau, jamur, kuning telur, jeruk, pisang, dan lain lain.
  2. Kalsium, sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Zat ini dapat dijumpai di dalam susu dan produk susu (keju, yoghurt), ikan yang bisa dimakan tulangnya (seperti ikan teri, sarden), biji-bijian (biji bunga matahari, wijen), produk kedelai (tempe, tahu), sayuran hijau, dan buah-buahan kering.
  3. Zat besi, sangat penting karena pada masa kehamilan volume darah anda meningkat 25%, dan juga penting untuk bayi anda membangun persediaan darahnya. Dapat dijumpai di hati, daging merah, sayurn hijau, wijen, buah-buahan kering, kuning telur, serealia, dan sarden. Penyerapan zat besi dapat terbantu dengan konsumsi vitamin C.

 

Artikel terkait dengan perhatikan untuk makanan ibu menyusui :

   

Kata kunci ke artikel ini

bolehkah ibu menyusui makan pisang , ibu menyusui boleh makan pisang , manfaat buah pisang untuk ibu menyusui , makanan berserat untuk ibu menyusui , ibu menyusui makan hati ayam , ibu menyusu makan pisang
 

No Comment to “perhatikan untuk makanan ibu menyusui”

  1. No Comment yet at perhatikan untuk makanan ibu menyusui. Be the first to comment...

Leave your comment here:


Valid W3C CSS Valid W3C XHTML 1.0

Copyright © 2009 - TentangBunda.com - is proudly powered by WordPress

Theme mod by: indoworkshop