Tips Agar Tidak Melahirkan Sungsang | TentangBunda.com

Tips Agar Tidak Melahirkan Sungsang


0 Comments

Kondisi melahirkan sungsang biasanya terjadi ketika kepala bayi tidak berada pada jalan lahir di usia kehamilan 37 minggu. Janin akan berputar-putar dalam rahim hingga berumur 35-36 minggu. Melahirkan bayi dengan posisi kepala diatas, dapat mempengaruhi proses persalinan. Resiko proses persalinan yang salah sangat mungkin terjadi, itulah alasan sebagian besar melahirkan sungsang melalui operasi bedah sesar.

Proses melahirkan sungsang bisa terjadi karena beberapa alasan, bobot janin relative rendah, rahim yang sangat elastis, hamil kembar, banyaknya air ketuban melebihi normal (kembar air), hidrosefalus, plasenta menutupi jalan lahir, dan panggul ibu yang sempit.

 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah melahirkan sungsang :

  1. Hilangkan kekhawatiran karena posisi bayi yang sungsang. Membayangkan bayi akan berputar ke posisi yang benar setiap hari dapat mengirimkan pesan kepada bayi untuk berputar.
  2. Mengikuti senam hamil. Biasanya berupa senam kolam, dan akan membuat otot perut santai dan memberikan ruang pada bayi untuk bergerak.
  3. Melakukan posisi bersujud (knee chest position), dengan posisi perut seakan-akan menggantung kebawah. Lakukan rutin 2 kali setiap hari pagi dan sore selama 10 menit. Kegiatan ini sangat mengurangi kemungkinan melahirkan sungsang, aman dan member ruang pada bayi untuk berputar kembali ke posisi normal. Kemungkinan berhasilnya adalah 92 persen.
  4. Pijat sekitar perut secara lembut searah jarum jam dengan menggunakan kedua tangan dapat merangsang bayi ke posisi normal.
  5. Gunakan cahaya senter untuk mendapatkan perhatian bayi dalam rahim. Arahkan cahaya senter pada kepala bayi, kemudian bergerak kearah jalan lahir. Gerakan cepat bisa mendapatkan perhatian bayi. Music pun dapat gunakan dengan cara yang sama menggunakan I-pod.
  6. Bayi dalam perut tidak menyukai  dingin, dengan menempelkan benda dingin pada bagian kepala bayi akan membuat bayi menjauhi daerah dingin tersebut.

Beberapa cara diatas hanyalah tips untuk mencegah melahirkan sungsang, sering mengkontrol keadaan bayi dalam perut di dokter atau bidan sangat baik untuk memberikan kenyamanan pada Ibu. Kesiapan emosional ibu dalam proses melahirkan dapat mengurangi kemungkinan melahirkan sungsang.

Artikel terkait dengan Tips Agar Tidak Melahirkan Sungsang :

   

Kata kunci ke artikel ini

cara mengatasi bayi sungsang , Mengatasi bayi sungsang , senam hamil untuk bayi sungsang , janin 35 minggu , agar bayi tidak sungsang , gambar janin 35 minggu
 

No Comment to “Tips Agar Tidak Melahirkan Sungsang”

  1. No Comment yet at Tips Agar Tidak Melahirkan Sungsang. Be the first to comment...

Leave your comment here:


Valid W3C CSS Valid W3C XHTML 1.0

Copyright © 2009 - TentangBunda.com - is proudly powered by WordPress

Theme mod by: indoworkshop